Mobil Second Murah: Lakukan 5 Hal Berikut Saat Test Drive Mobil Bekas yang Ingin Dibeli

Membeli mobil baru di zaman sekarang terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Terlebih banyak penawaran kredit mobil dari berbagai dealer maupun leasing. Sehingga untuk mendapatkan mobil impian tidak perlu menunggu lebih lama lagi. Memiliki tanggungan hutang atau kredit tentunya ada beban tersendiri. Terlebih jika kondisi ekonomi sering tidak menentu. Daripada memaksakan diri untuk membeli mobil baru yang harganya selangit, ada baiknya mempertimbangkan membeli mobil second saja. Karena jika Anda cukup jeli banyak sekali mobil second murah dan berkualitas yang bisa didapatkan.

Saat membeli mobil bekas Anda harus cermat dalam memilih mana yang masih bagus performanya, selain juga mempertimbangkan tampilan dalam dan luar mobil. Pastikan Anda meminta untuk melakukan test drive pada mobil bekas yang akan Anda beli. Tujuannya untuk mengetahui kelayakan mobil tersebut saat digunakan berkendara di jalanan. Jangan sampai Anda terkecoh dengan tampilan mobil yang mulus, namun ternyata kurang nyaman digunakan berkendara karena saat membeli tidak melakukan test drive. Karena hal ini pastinya bisa menimbulkan kekecewaan nantinya. Maka dari penting untuk melakukan test drive, terlepas dari membeli mobil bekas maupun baru.

Dalam melakukan test drive mobil bekas, lakukan beberapa hal berikut ini:

1.Pastikan kenyamanannya.

Saat membeli mobil bekas sekalipun, memperhatikan kenyamanan kendaraan yang akan dibeli sangatlah penting. Karena nantinya kendaraan tersebut akan Anda gunakan sebagai penunjang mobilitas. Jika mobil yang Anda beli digunakan sebagai mobil keluarga, pastikan juga kenyamanan anggota keluarga lainnya saat menggunakan mobil tersebut. Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah mobil yang Anda coba tersebut memang sesuai dengan keinginan dan nyaman untuk Anda. Baru jika memang Anda sudah cocok dan nyaman, bisa memperhatikan bagian mobil lainnya.

2. Periksa performa mesin.

Dalam membeli mobil bekas, memeriksa performa mesin adalah salah satu keharusan. Karena performa mesin ini akan menentukan kepuasan dalam berkendara. Selain itu, dengan performa mesin yang bagus akan menghindarkan Anda dari kemungkinan mengalami kerusakan di kemudian hari. Dimana jika kerusakan cukup parah, pastinya juga akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk perbaikannya. Di sisi lain, performa mesin yang baik juga menandakan mesin tersebut mendapatkan maintenance atau perawatan yang baik dari pemilik sebelumnya.

3. Periksa semua fitur yang disematkan.

Pada setiap mobil pastinya sudah disematkan berbagai fitur-fitur tertentu. Fitur-fitur yang ada pada setiap mobil ini bisa berbeda-beda. Pastikan Anda mencoba dan memastikan setiap fitur yang ada pada mobil masih berfungsi dengan baik. Karena ada kalanya, saat salah satu fitur mengalami kerusakan bisa merembet ke kerusakan bagian lainnya. Dan jika harus memperbaikinya, pasti membutuhkan dana tambahan yang tidak sedikit.

4. Periksa bagian interiornya.

Untuk bagian eksterior biasanya bisa diperbaiki atau dimodifikasi sedemikian rupa agar tampilan terlihat seperti baru. Namun berbeda untuk bagian interior. Dimana bagian ini merupakan mewakili bagaimana pemilik sebelumnya merawatnya. Jika Anda menemukan mobil second dengan kondisi interior yang masih bagus dan orisinil, maka hal ini bisa dipastikan karena perawatannya yang baik.

5. Perhatikan konsumsi BBM.

Dalam membeli mobil second murah berkualitas, perhatikan juga konsumsi bahan bakar mobil. Karena bahan bakar cukup menentukan biaya yang harus dikeluarkan saat mobil tersebut dipakai. Jika Anda sudah cocok dan paham dengan konsekuensinya, maka Anda bisa mengambilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *